Sejarah Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Magelang

      Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang didirikan pada tahun akademik 1982/1983 dengan Program Studi Teknik Industri untuk pertamakalinya. Memperoleh status Terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0428/0/1985, tanggal 5 Oktober 1985. Pada awal berdirinya Fakultas Teknik, tempat pendidikan dengan segala fasilitas ruang dan laboratorium masih berada di lingkungan kampus I yang berada di jalan Tidar No. 21 Magelang. Pada tahun 2001 Fakultas Teknik pindah ke kampus II yang berada di Jl. Mayjend Bambang Soegeng Km 5 Mertoyudan Magelang. Pada tahun 2001 juga Fakultas Teknik membuka program studi baru jenjang Diploma Tiga (D3) dengan Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Teknik Otomotif. Tahun 2006 Fakultas Teknik membuka Program Studi Teknik Informatika (D3) dengan konsentrasi Teknisi Jardiknas. Dan pada tahun 2007 ini Fakultas Teknik membuka Program Studi Teknik Informatika/Perangkat Lunak (S1) dan Teknisi Jardiknas.

      Kedepan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang unggul berorientasi pada kebutuhan stakeholder dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai Perguruan Tinggi di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Magelang melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi. Pengembangan nilai nilai Islam (Islamic value) dan kemuhammadiyahan merupakan nilai tambah selain melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

      Untuk mewujudkan visi Fakultas Teknik yang merupakan turunan dari visi universitas, perlu dirumuskan ke dalam suatu strategi. Rencana strategis Fakultas Teknik pada hakekatnya mengacu pada rencana strategis universitas untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi fakultas. Selanjutnya, rencana strategis yang dirumuskan kemudian dijabarkan kedalam langkah operasional atau rencana operasional.